Connect with us

Hi, what are you looking for?

AAMMAV

Kesehatan

Alat kesehatan yang Wajib Dimiliki di Rumah Sakit

Di zaman sekarang, dimana teknologi terus berkembang dan menjadi semakin canggih. Kita sebagai orang orang umum biasanya tidak terlalu tau mengenai alat alat canggih, apalagi mengenai alat kesehatan. Bahkan terkadang, tidak jarang ditemui orang orang yang bergerak di dalam bidang kesehatan tidak mengetahui tentang beberapa alat kesehatan. Padahal sesungguhnya kesehatan itu salah satu kebutuhan utama manusia yang sangat penting untuk menjalankan aktivitas sehari hari.

Terdapat berbagai jenis dan macam macam alat kesehatan yang wajib dimiliki di rumah sakit. Tiap alat kesehatan ini punya fungsi masing masing dan harganya pun sangat bermacam macam. Mulai dari belasan ribu sampai milyaran rupiah. Pada artikel kali ini, saya akan berbagi beberapa pengetahuan mengenai alat alat kesehatan yang juga bakal disertai dengan fungsinya dan beberapa informasi tambahan.

Apa itu alat kesehatan?

Alat kesehatan merupkan instrumen, barang, atau alat yang dibuat atau digunakan dengan tujuan sebagai pemeliharaan dan perawatan kesehatan. Alat kesehatan juga digunakan untuk diagnosa, pencegahan penyakit, restorasi fungsi struktur tubuh, bahkan pemeliharaan proses kehamilan.

Pemerintah juga telah selalu mencoba untuk meningkatkan ketersediaan fasilitas kesehatan di berbagai daerah indonesia. Dengan harapan agar masyarakat seperti kita selalu bisa mengakses nya ketika membutuhkan. Tingginya kebutuhan akan alat kesehatan menjadikannya sebagai bisnis yang tumbuh cukup subur.

Banyak toko toko bermunculan baik online atau offline yang menjual alat kesehatan dengan kisaran hara yang bermacam macam. Pemerintah mendukungnya dengan kebijakan pembelian langsung dengan sistem e katalog yang dijalankan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang. Sehingga instansi dapat membeli alat alat kesehatan yang dimiliki vendor secara instan dan membuat persaingan bisnis yang sehat.

Di periode modern saat ini beberapa alat kesehatan yang biasanya dulu hanya dapat dijumpai di rumah sakit. Sekarang, beberapa alat kesehatan itu telah diproduksi untuk konsumen yang membuat orang bisa melakukan perawatan kesehatan dengan lebih praktis dan mandiri. Contohnya, kita sudah sering mendapati orang yang punya riwayat tekanan darah tinggi biasanya mempunyai alat cek tekanan darah. Selain itu, ada juga alat cek kadar glukosa yang biasanya dimiliki di keluarga yang punya riwayat diabetes. Untuk beberapa alat alat kesehatan lainnya akan dijelaskan lebih lanjut dibawah.

Stetoskop

Stetoskop merupakan alat bantu pemeriksaan yang sangat tidak asing lagi ditelinga kita. Alat ini merupakan sebuah starter pack seorang dokter umum, dan jarang sekali kita menjumpai dokter umum tanpa alat ini. Secara umum, Stetoskop digunakan untuk mendengarkan suara dari dalam tubuh biasanya detak jantung. Suara yang didengar ini bisa dijadikan patokan untuk menilai kondisi kesehatan jantung.

 Selain untuk mendengar detak jantung, Stetoskop dapat juga digunakan untuk mendengar suara paru paru bahkan suara perut. Dokter dapat membuat dugaan mengenai kesehatan paru paru pasien dengan suara yang didengar lewat stetoskop. Jika terdengar nafas tambahan seperti ngorok atau mengi, bunyi nafas yang lemah,  dapat dicurigai terdapat gangguan pernafasan. Begitu juga dengan pengecekan perut, Dokter mengecek suara perut atau bising usus dan jika ada perubahan frequensi bising usu dapat berupa sebuah indikator gangguan pencernaan.

Stetoskop terdiri dari dua jenis yaitu stetoskop akustik dan stetoskop elektronik akan tetapi struktur alat ini secara umum tetap sama. Stetoskop memiliki empat bagian utama, yang pertama ialah ear pieces yang merupakan bagian  yang terpasang di telinga  untuk dokter agar mendengar suara organ dan biasanya terbuat dari karet agar lebih nyaman dan membantu meredam suara luar.

Kemudian ada Tubing yang terlihat seperti tabung tipis mirip selang yang berfungsi untuk menyalurkan suara. Selanjutnya ada diphragm yang merupakan piringan plastik yang berupa membran tipis untuk mendengarkan bunyi yang berfrequensi tinggi. Bagian terakhir ialah Bell, bell adalah bagian yang menempel di belakang diafragma  dan tujuannya untuk mendengar suara dengan frequensi rendah.

Terdapat berbagai merek stetoskop yang dijual di berbagai toko alat kesehatan offline maupun online yang harganya pun ber macam macam. Mulai dari ratusan ribu bahkan sampai 2 jutaan. Memilih stetoskop tentunya berdasarkan kriteria masing masing. Namun untuk refrensi, merek seperti Littman, ABN, dan Erka sudah dapat dipercaya jika anda berminat membeli stetoskop.

Tensimeter

Tensimeter, Mungkin tidak terdengar terlalu asing atau mungkin seperti familiar. Jika telah melihat gambarnya pasti langsung ingat yang mana tensimeter bukan? Tensimeter atau bisa disebut juga blood pressure monitor adalah sebuah alat kesehatan yang berfungsi untuk menghitung atau mengukur tekanan darah kita. Dengan mengetahui seberapa tinggi tekanan darah kita, Kita dapat mengetahui apakah tekanan darah kita normal atau tidak.

Tekanan darah merupakan salah satu indikator yang penting di sistem sirkulasi. Meningkatnya tau menurunnya tekanan darah dapat mempengaruhi proses homeostasis di dalam tubuh. Homeostasis adalah keadaan dimana tubuh dalam keadaan keseimbangan atau konstan agar tubuh tersebut dapat berfungsi dengan normal. Tekanan darah selalu dibutuhkan di sistem sirkulasi untuk kegiatan seperti transport oksigen, karbon dioksida, dan hasil metabolisme. Jika terjadi gangguan maka akan berakibat ke fungsi organ organ tubuh lainnya seperti gangguan pembentukan air seni dalam ginjal dan lainnya.

Alat kesehatan Tensimeter digunakan untuk mengukur tekanan sistolik dan diastolik. Tekanan sistolik adalah tekanan darah saat dalam stress atau kontraksi di otot jantung. Sedangkan tekanan diastolik ialah tekanan darah pada saat jantung sedang beristirahat atau berelaksasi. Orang yang normal dan sehat biasanya mempunyai tekanan darah berkisar 100-130 mmHg untuk tekanan sistolik dan 60-90 mmHg untuk tekanan diastolik. Jika tekanan darahnya diatas maupun dibawah kisaran normal maka mungkin dia memiliki gangguan tekanan darah.

Terdapat 2 jenis tensimeter yaitu tensimeter manual dan tensimeter digital. Tensimeter manual membutuhkan keahlian khusus untuk menggunakannya sedangkan yang digital lebih praktis dan mudah digunakan. Seperti alat kesehatan lainnya, harga tensimeter juga bermacam macam diantara kisaran ratusan ribu sampai jutaan. Salah satu merek tensimeter yang bagus ialah OMRON yang menyediakan tensimeter untuk konsumen sehingga lebih mudah dipakai dan diiringi harga yang cukup terjangkau sekisar 500 ribu rupiah.

Termometer

Alat kesehatan berikutnya yang akan kita bahas ialah termometer. Termometer merupakan alat yang sudah sangat sering kita jumpai bahkan untuk orang awam sekalipun. Jika misalnya kita terkena demam dan kita pergi ke dokter untuk mengeceknya, Dokter pasti akan mengeluarkan alat yang satu ini.  Kata termometer ini berasal dari bahasa latin loh! Thermo yang artinya panas dan meter yang artinya mengukur sehingga membuatnya sebagai sebuah alat kesehatan yang fungsinya untuk mengukur suhu ataupun temperatur.

Terdapat banyak jenis termometer yang ada diluar sana, dan cara kerjanya pun berbeda beda. Tetapi, secara umum alat kesehatan termometer ini terdiri dari 6 macam. Yaitu Termometer air raksa, Klinis, Alkohol, Bimetal mekanik, dan termometer inframerah. Yang akan dibahas kali ini ialah termometer inframerah dan termometer air raksa karena kedua termometer inilah yang sangat lumrah kala ini.

Termometer air raksa merupakan termometer yang sering digunakan dikarenakan kelebihannya sebagai pengisi termometer dibanding alkohol. Termometer air raksa dapat mengukur suhu yang sangat tinggi . ketika suhu naik, air raksa akan lebih mudah memuai dan air raksa itu dapat kita lihat pada tabung kaca termometer untuk dilihat berapa tinggi suhu yang diukur. Kemudian ada termometer inframerah.

Termometer yang satu ini hampir kita temui dimana mana setiap hari setelah masuknya virus covid di Indonesia. Termometer ini ideal dikarenakan menawarkan untuk mendeteksi temperatur tanpa kontak langsung, dengan cara mengukur radiasi energi sinar inframerah yang kemudian diubah oleh mesin dalam bentuk suhu.

Bagi anda yang berminat untuk membeli alat kesehatan termometer ini pahami dulu kebutuhan dan preferensi yang kira kira perlu dipikirkan. Seperti apakah dipakai untuk bayi atau sekeluarga, mudah dibawa dan mudah digunakan dan semacamnya. Merek termometer yang cukup bagus dan terpercaya antara lain ialah puremed, Omron, dan Rossmax dengan harga yang bermacam macam di kisaran puluhan ribu sampai satu jutaan.

X-Ray Unit

X ray unit atau lebih biasa dikenal dengan mesin rontgen, merupakan sebuah alat kesehatan yang hampir wajib dimiliki semua rumah sakit. yang berfungsi untuk menunjukkan atau menggambarkan sturktur bagian dalam tubuh pasien tanpa perlu melaksanakan operasi. Contohnya x ray unit ini digunakan untuk memonitor pasien yang memiliki keluhan seperti patah tulang ( fraktura), osteoporosis, dan lain-lain.

Metode pemeriksaan kesehatan X-ray equipment ini ditemukan oleh professor Jerman bernama Wilhelm Conrad Roentgen di tahun 1895. Pemeriksaan ini menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik untuk mendapatkan gambar bagian dalam tubuh. Cara kerjanya ialah elektromagnetik menghantarkan gelombang radiasi yang selanjutnya badan akan dipindai oleh gelombang radiasi itu. Hasil pemindaian itu bakal menghasilkan warna gambar yang berbeda beda berdasar kepadatan material yang dipindai. Warna putih di hasil foto rontgen akan menunjukkan tulang dan material padat, sedangkan warna hitam menunjukkan rongga, dan warna abu abu akan menunjukkan lemak dan otot tubuh. Biasanya sebelum melaksanakan pengecekan X ray, dokter akan menyarankan pasien berpuasa agar nantinya tidak bakal mengganggu hasil pemindaian.

Rontgen merupakan salah satu teknik pencitraan yang paling sederhana. Hasil mesin X ray juga dapat diterima dalam hitungan menit sehingga membuatnya efisien dan biaya yang perlu dikeluarkan juga tidak sebesar teknik pencitraan yang lainnya seperti USg,MRI, dan CT scan. Akan tetapi, perlu dicatat Penggunaan X ray mungkin dapat menimbulkan efek samping seperti mual, pusing, dan penurunan tekanan darah.

Jika kita terpapar radiasi rontgen terlalu sering bisa jadi mengakibatkan rusaknya DNA dalam tubuh kita yang dapat meningkatkan resiko kanker juga. Untuk alat rontgen ini sendiri jarang dijual secara umum melainkan biasanya dengan memesan ke pabrik atau produsennya dan harganya pun bukan main main berkisar puluhan juta sampai ratusan juta.

Alat ultrasonografi (USG)

Tidak jauh jauh dari X-ray , alat kesehatan selanjutnya ialah USG. Apa itu USG? USG adalah teknik atau metode menampilkan gambaran dari keadaan di bagian dalam tubuh untuk memindai kejanggalan dalam tubuh maupun keluhan pasien. Berbeda dengan X ray yang menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mendapatkan gambar. USG memanfaatkan gelombang suara yang berfrequensi tinggi untuk melakukan pemeriksaan pada tubuh.

Pada alat kesehatan USG terdapat transduser yang berfungsi untuk mengeluarkan dan menangkap kembali gelombang suara yang di pancarkan ke dalam tubuh. Ketika gelombang suara dipancarkan akan ada yang terus bergerak dan ada juga yang memantul. Gelombang yang memantul inilah yang kemudian akan diterima tranduser dan setelahnya akan diubah menjadi gelombang listrik dan diterjemahkan sebagai gambar. Besar gelombang yang akan dipakai ketika menggunakan USG juga bermacam macam sesuai tujuan dan tes tertentu. Sama seperti ketika ingin memeriksakan dengan X ray, dokter juga akan merekomendasikan untuk berpuasa terlebih dahulu untuk mendapat hasil pemeriksaan yang lebih maksimal.

Penggunaan alat USG ini hampir dapat digunakan diseluruh bagian tubuh. Akan tetapi, umumnya USG digunakan untuk memeriksa bagian bagian tubuh yang dekat dengan permukaan tubuh. Contohnya USG sering digunakan dokter untuk memeriksa pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam perut ibu hamil. USG juga sering digunakan ketika memeriksa bagian bagian tubuh seperti jantung, kantung kemih, kantung empedu, dan organ reprdoksi wanita. Tidak seperti X ray yang memiliki beberapa efek samping yang kurang baik untuk kesehatan. pemeriksaan USG ini tidak memiliki efek samping karena menggunakan gelombang suara sehingga tidak memiliki radiasi, oleh karena itu sering digunakan dalam memeriksa perkembangan janin. Akan tetapi pemeriksaan dengan gelombang suara ini terkadang terbatas dikarenakan susah menembus objek seperti gas dan tulang. Oleh karena itu pemeriksaan didasarkan oleh kebutuhan kita sendiri.

Patient monitor

Untuk alat kesehatan terakhir yang akan dibahas di artikel ini adalah pasien monitor. Apa itu pasien monitor? Mungkin sekilas alat ini terdengar sangat asing di telinga kita, tapi saya yakin kita pasti perna melihatnya di layar televisi. Seperti di adegan adegan sinetron dimana seseorang yang dalam kondisi parah sedang dirawat di rumah sakit. Pasien monitor merupakan alat kesehatan yang fungsinya untuk mengawasi, memantau, dan memonitor kondisi fisiologis pasien secara terus menerus. Kondisi fisologis adalah hal hal penting yang berkaitan dengan kesehatan pasien.

Di pasien monitor ini ada beberapa hal yang bisa dipantau. Antara lain memonitor kerja jantung, aliran atau tekanan darah, pernafasan, suhu, dan detak jantung. Seluruh hal ini merupakan hal yang sangat vital dalam menentukan kesehatan dan kondisi pasien. Untuk memantau seluruh hal vital itu pasien monitor ini dilengkapi dengan beberapa alat alat kesehatan lainnya. Seperti alat EKG untuk memantau kondisi jantung, kemudian alat monitor tekanan darah, Pulse oximeter untuk mengukur oksigen dalam darah dan detak jantung.

Sekilas pasien meter ini tampak seperti televisi sederhana karena bisa menampilkan gambar dan juga bersuara. Akan tetapi setelah dipantau bagian bagian pasien monitor ini cukup jauh dengan televisi. Bagian bagian pasien monitor tersebut antara lain ialah : Layar monitor untuk menampilkan parameter fisiologis pasien. Sensor dan Transduser yang berfungsi untuk menangkap sinyal dari kondisi pasien yang kemudian ditampilkan di layar. Software yang berperan untuk menerjemahkan sinyal di transduser tadi. Baterai yang merupakan sumber tenaga untuk penggunaan pasien monitor.

Tidak semua orang yang sakit harus dipasang pasien monitor. Biasanya orang orang yang perlu perawatan intensif lah yang mendapatkan perawatan ini. Makanya kita sering menjumpai alat ini di ruang ruang seperti ICU,NICU, Ruang operasi, dan IGD.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa alat kesehatan yang wajib dimiliki rumah sakit. Semoga dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian.

You May Also Like

Judi online

Anak 90-an yang identik dengan masa kecil bahagia tentu pernah nonton film mandarin, mulai dari film-film mandarin bergenre horor-komedi hingga film-film mandarin yang pure...

Berita

Kepolisian Musi Rawas Sumatera Selatan membongkar tindak pidana korupsi dana bantuan Covid-19 yang dilakukan oleh kepala Desa Sukowarno, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Musi Rawas. Tindak...

Game

Bermain kartu qiu qiu tentu akan menyenangkan jika bisa memperoleh nilai yang tinggi dan menang. Ada urutan kartu qiu qiu yang tinggi sehingga mudah...

Info

Cara Melakukan Penarikan Saldo PayPal ke GoPay – PayPal adalah alat pembayaran elektronik. Aplikasi ini sudah semakin sering digunakan dalam berbagai transaksi. Kegunaannya sangat...