Cara membuat konten marketing efektif dan menarik untuk bisnis

Cara membuat konten marketing efektif dan menarik untuk bisnis

Bagaimana Anda menjalankan strategi konten marketing efektif untuk bisnis Anda, ketika kompetisi semakin ketat? Ini penting untuk bisnis sekarang ini.

Pemasaran konten atau content marketing telah terbukti menghasilkan hasil yang luar biasa untuk bisnis. Misalnya, konten marketing menghasilkan arahan tiga kali lebih banyak dengan biaya 62% lebih rendah daripada pemasaran tradisional.

Tetapi ada sedikit masalah: bagaimana Anda menjalankan teknik konten marketing untuk bisnis Anda ketika tingkat semakin yang semakin sulit dari sebelumnya?

Terus terang, tugas pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat rencana konten marketing terbaik. Dengan rencana yang baik, Anda dapat mengambil langkah pertama untuk mencapai kesuksesan konten marketing dari waktu ke waktu.

Para pakar mengatakan bahwa pemasar yang secara proaktif merencanakan proyek atau kampanye mereka 356% lebih mungkin untuk mencapai kesuksesan. Jadi, jika Anda ingin menjadi di antara mereka yang menghasilkan hasil luar biasa dari pemasaran konten, mulailah dengan menyusun rencana yang terdokumentasi.

Dalam posting blog ini, saya akan membagikan tujuh langkah untuk membuat rencana konten marketing efektif dan menarik. Tentunya dapat memberi dampak pada penjualan online Anda.

Melakukan audit konten

Untuk membuat konten marketing efektif, Anda perlu melakukan audit untuk menentukan kinerja Anda saat ini dan memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak. Pengetahuan ini kemudian akan membantu Anda merencanakan strategi atau teknik konten marketing Anda.

Saat melakukan audit, beberapa detail untuk diperiksa termasuk:

  • Konten berkinerja terbaik
  • Konten berkinerja rendah
  • Frekuensi penerbitan konten
  • Kata kunci peringkat

Semakin Anda memahami kinerja Anda saat ini – dan alasan di balik kinerja Anda, baik atau buruk – semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki untuk membantu Anda mengembangkan cara membuat konten marketing efektif untuk bisnis di masa depan.

Tetapkan tujuan konten marketing

Konten marketing efektif, Anda kemungkinan besar tidak akan mendapatkan ROI (laba atas investasi) jika Anda tidak memiliki target. Tanpa tujuan, aktivitas pemasaran Anda kehilangan fokus dan menjadi sulit untuk menilai keberhasilan atau kegagalannya.

Dalam kebanyakan kasus, bisnis menggunakan konten marketing untuk mencapai tujuan berikut:

  • Brand awareness
  • Lead acquisition
  • Lead nurturing
  • Customer acquisition
  • Sales

Apa pun tujuan yang Anda miliki, Anda harus menetapkan tujuan itu dengan benar. Menggunakan metode SMART (spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu) akan sangat membantu dalam menetapkan tujuan yang efektif.

Tentu saja, sasaran Anda akan tergantung pada tahap saluran penjualan tempat Anda membuat konten. Karena itu, tujuan Anda akan menentukan jenis konten yang Anda buat, bagaimana Anda mempromosikan konten Anda, dan kegiatan lainnya.

Melakukan penelitian publik

Aspek penting lainnya dalam membuat konten marketing efektif adalah mengetahui dengan pasti siapa yang Anda targetkan dengan konten Anda.

Kepada siapa Anda mencoba mengirimkan konten Anda? Jenis konten apa yang menjadi favorit mereka? Apakah mereka mengharapkan gaya konten formal atau informal? Jenis konten apa yang harus Anda buat? Saluran apa yang harus Anda gunakan?

Anda menangkap informasi ini dan banyak lagi dengan melakukan riset khalayak luas. Setelah penelitian Anda, Anda harus memiliki banyak detail tentang pelanggan ideal Anda sehingga Anda dapat menumbuhkan persona pembeli / audiens untuk setiap jenis pelanggan ideal.

Salah satu cara untuk melanjutkan penelitian Anda adalah membangun profil tipe individu yang ingin Anda konversi dengan konten Anda. Atau, Anda dapat melihat basis pelanggan Anda saat ini dan membangun profil target dari pelanggan / prospek terbaik Anda.

Tentukan jenis konten yang akan diterbitkan

Awalnya, konten identik dengan konten tertulis. Tetapi selama bertahun-tahun, berbagai format konten lainnya telah tumbuh dalam popularitas.

Poin dalam hal ini adalah konten visual, yang telah sangat populer. Tidak mengherankan, beberapa prospek sekarang lebih suka konten visual daripada konten tertulis. Misalnya, 54% konsumen mengharapkan video dari bisnis.

cara-membuat-konten-marketing-efektif-dan-menarik

Terlepas dari konten tertulis, format lain termasuk:

  • Infografis
  • Video
  • Podcast
  • Webinar
  • Presentasi

Jenis konten yang harus Anda gunakan akan sangat tergantung pada audiens Anda. Idealnya, Anda harus menggunakan beberapa format konten berbeda yang berkinerja terbaik dengan audiens Anda.

Gunakan campuran konten yang berbeda tergantung pada saluran yang Anda gunakan, serta preferensi audiens Anda.

Selain itu, ada baiknya bereksperimen dengan berbagai jenis konten untuk melihat bagaimana hal itu memengaruhi hasil keseluruhan Anda.

Buat jadwal konten

Saat memproduksi konten untuk menarik audiens Anda, salah satu penentu utama kesuksesan Anda adalah konsistensi. Dibutuhkan waktu untuk mencapai hasil dari strategi konten marketing dan Anda perlu secara konsisten memberikan pengalaman konten yang hebat untuk tumbuh.

Dengan jadwal konten, Anda dapat merencanakan penerbitan konten Anda pada frekuensi pilihan Anda.

Selain itu, kalender Anda memberi Anda gambaran visual dari kegiatan pemasaran konten Anda. Anggota tim kemudian dapat dengan mudah mengikuti kemajuan pada konten, membuat seluruh proses lebih produktif untuk seluruh tim Anda.

Beberapa detail yang harus ada dalam kalender pemasaran konten Anda meliputi:

  • Anggota tim bertanggung jawab atas konten
  • Tahap saluran penjualan
  • Format konten
  • Tanggal jatuh tempo untuk draft pertama konten
  • Tanggal penerbitan
  • Saluran promosi

Untuk membuat jadwal konten, Anda dapat mencoba Google Sheets dan membuatnya sendiri, atau Anda dapat menggunakan alat khusus. Jika Anda membutuhkan lebih banyak fungsi, alat seperti CoSchedule akan memungkinkan Anda untuk merencanakan konten lintas saluran dan mengotomatisasi penerbitan juga:

Cara-membuat-Content-Marketing

Sementara itu, jika Anda menggunakan WordPress, ada plugin yang disebut “Kalender Editorial” yang menunjukkan jadwal Anda di dasbor Anda.

Dengan jadwal konten Anda, Anda dapat menghasilkan konten yang cukup konsisten untuk mencapai hasil pemasaran konten yang Anda inginkan.

Memiliki rencana untuk promosi konten

Membuat konten adalah salah satu bagian dari pemasaran konten; bagian penting lainnya adalah mempromosikan konten Anda.

Banyak ahli akan memberitahu Anda untuk menghabiskan jumlah waktu yang sama untuk tahap pembuatan dan promosi. Bahkan, Derek Halpern dari Pemicu Sosial percaya bahwa Anda harus menghabiskan 20% dari waktu Anda untuk membuat konten dan 80% mempromosikannya.

Meskipun Anda memiliki rencana untuk membuat konten, Anda memerlukannya untuk mempromosikannya juga. Tentu saja, ada banyak platform untuk mempromosikan konten Anda dan Anda harus memilih yang terbaik untuk menjangkau audiens Anda.

Beberapa platform untuk mempromosikan konten Anda meliputi:

  • Posting tamu: ini adalah bagian konten yang relevan di situs industri yang lebih besar yang dapat meningkatkan paparan Anda.
  • Media sosial: bagikan konten Anda di saluran sosial tempat audiens Anda nongkrong. Dengan cara ini, lebih mudah menjangkau mereka.
  • Mesin pencari: buat dan optimalkan konten untuk kata kunci yang dicari pelanggan ideal Anda. Anda mungkin dapat menggunakan opsi jasa SEO profesional dalam hal ini.
  • Email: kirim email ke pelanggan Anda untuk memberi tahu mereka tentang konten baru di situs web Anda.
  • Forum: di sini, Anda dapat menjawab pertanyaan yang relevan tentang topik forum dan backlink ke posting blog Anda yang memberikan jawaban terperinci untuk pertanyaan itu.
  • Iklan: Anda dapat menghabiskan uang untuk mempromosikan konten penting melalui iklan media sosial. Pilihan lain adalah iklan Google untuk membawa pencari ke halaman arahan di mana Anda memiliki penawaran yang menarik.

Dalam rencana promosi Anda, Anda harus memasukkan frekuensi promosi di setiap platform. Penting untuk dicatat bahwa setiap platform memiliki praktik terbaik saat mempromosikan konten pada mereka.

Mengukur kesuksesan pemasaran konten Anda dan ROI

Untuk mendapatkan hasil apa pun dari pemasaran konten, Anda harus menjalankan promosi. Setelah mengambil tindakan, Anda juga perlu melacak kinerjanya.

Pada kenyataannya, Anda memerlukan metrik yang berbeda untuk melacak kinerja untuk kampanye Anda. Karena ketika sasaran untuk kampanye Anda berubah, begitu pula metrik yang digunakan untuk mengukur kesuksesan sasaran.

Untuk mengatakannya dengan cara lain, metrik yang Anda lacak akan tergantung pada tujuan Anda. Metrik manakah yang menunjukkan kesadaran merek? Metrik mana yang menunjukkan perolehan timbal?

Anda perlu menentukan metrik ini dalam rencana kampanye Anda karena dengan cara ini, Anda dapat mulai mengikuti hasil segera setelah Anda memulai kampanye Anda. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat dengan cepat melihat apakah sesuatu tidak berfungsi sebagaimana mestinya – dan mengoptimalkan kampanye Anda untuk semoga meningkatkan hasil Anda dan pada akhirnya, mencapai tujuan Anda.

Selanjutnya, metrik dapat menghasilkan wawasan untuk meningkatkan strategi kampanye di masa mendatang.

Kesimpulan

Membuat konten marketing secara drastis meningkatkan peluang Anda untuk mencapai target tepat waktu.

Anda perlu mengetahui kinerja Anda saat ini, memahami audiens Anda, menggunakan jadwal konten, mempromosikan konten, dan melacak kinerja. Dengan melalui semua langkah ini dan mengembangkan kalender yang berkualitas, Anda akan dapat menarik lebih banyak prospek dan pelanggan melalui strategi konten marketing efekti dan menarik.