Connect with us

Hi, what are you looking for?

AAMMAV

Bisnis

8 Fungsi Kemasan Menarik dalam Sebuah Bisnis

8 Fungsi Kemasan Menarik dalam Sebuah Bisnis
source: cerita kertas

Secara umum, fungsi kemasan adalah untuk melindungi produk yang ada di dalamnya. Namun, saat ini kemasan memiliki berbagai macam fungsi selain sebagai pelindung.  

Apa saja fungsi kemasan dalam sebuah bisnis? Yuk simak 10 fungsi kemasan menarik dalam sebuah bisnis yang perlu kamu ketahui!

Fungsi Kemasan Menarik dalam Sebuah Bisnis

Fungsi Kemasan Menarik dalam Sebuah Bisnis

Melindungi Produk

Tentu saja fungsi kemasan yang utama adalah untuk melindungi produk yang ada di dalamnya. Produk tersebut dapat berupa makanan, minuman, bahan pembersih rumah, kopi, minyak goreng, dan masih banyak lagi. 

Sangat penting untuk menjaga produk agar tetap sama dari perusahaan hingga ke tangan konsumen. Karena banyak sekali yang dapat memengaruhi produk selama proses transportasi dan distribusi. 

Dalam mengirim sebuah produk, produk tersebut memiliki dua tingkat kemasan. Pertama yaitu kemasan primer. Kemasan ini langsung berhubungan dengan produk dan digunakan untuk mengemas kemasan itu sendiri. Contohnya standing pouch, botol, paper bag, paper tray, dan paper cup. Sedangkan kemasan kedua yaitu kemasan sekunder. Kemasan ini ditujukan untuk lebih menjaga kemasan dan produk di dalamnya agar tidak cacat. Kemasan sekunder terdiri dari karton, plastik, kardus, bubble wrap, dan masih banyak lagi. 

Menjaga Produk Aman

Salah satu produk yang sangat rentan adalah makanan. Tentunya setiap pemilik usaha makanan akan berusaha agar makanan yang diterima konsumen dalam keadaan baik, tidak rusak atau busuk. 

Cara yang dapat digunakan adalah memastikan bahwa kemasan yang digunakan memiliki food grade, serta mencantumkan tanggal pembuatan dan tanggal kadaluarsa pada bagian kemasan. 

Daya Tarik

Fungsi kemasan yang ketiga adalah daya tarik. Kenapa begitu? Karena kemasan merupakan wajah produk yang akan berinteraksi langsung dengan konsumen. 

Jika kemasan tidak menarik, maka kemungkinan kecil produk tersebut akan dipilih konsumen. Namun jika kemasan menarik, maka kemungkinan besar produk tersebut akan dipilih konsumen. 

Oleh karena itu, pilihlah desainer kemasan yang potensial dan mampu membuat desain yang menarik dengan berbagai jenis kemasan seperti jenis standing pouch. Dengan begitu, produk kamu memiliki nilai plus dalam kemasan. 

Membangun Kepercayaan Konsumen

Kepercayaan dan kepuasan konsumen merupakan hal yang mesti dijaga dalam kegiatan bisnis. Jika kamu memiliki bisnis online, maka konsumen yang membeli produk akan berharap bahwa produk yang dibelinya tidak cacat. Apabila produk tersebut cacat, maka konsumen akan kecewa dan mungkin saja tidak melakukan pembelian ulang. 

Baca juga: Tips Memperoleh Perizinan Perusahaan Perkapalan

Media Promosi

Fungsi kemasan kelima adalah sebagai media promosi. Kenapa tidak? 

Kamu dapat mendesain kemasan dengan menarik serta menambahkan logo, nama brand, harga, dan hal-hal lainnya sebagai ajang promosi. 

Apakah ada kemasan produk yang tidak mencantumkan hal itu? Tentu saja tidak. Namun, bukan berarti kemasan dibuat dengan tujuan untuk promosi. Promosi merupakan fungsi sekunder, karena fungsi utama dari kemasan adalah untuk melindungi produk. Jadi, buatlah kemasan yang menarik namun tidak berlebihan dalam hal promosi. 

Sebagai Penanda Perbedaan

Di dunia ini, jika ada satu produk yang booming, pasti akan banyak produk-produk sejenis yang muncul. Itulah yang dinamakan produk pesaing. 

Untuk itu, kamu memerlukan sebuah penanda perbedaan yang menandakan bahwa produk kamu berbeda dengan produk pesaing. Salah satu caranya yaitu dengan kemasan. 

Kemasan dapat kamu jadikan sebagai identitas usaha. Selain itu, di kemasan kamu juga dapat meletakkan berbagai macam informasi, sehingga ketika konsumen melihatnya, mereka tahu bahwa produk tersebut adalah produk usahamu. 

Misalnya kamu memiliki produk biskuit, nah para pesaing menggunakan kemasan bentuk kotak untuk melindungi produknya. Kamu dapat menggunakan kemasan lain seperti standing pouch atau pouch biasa sehingga produk kamu akan terlihat berbeda. 

Meningkatkan Kredibilitas Produk

Kamu sebagai produsen, sebenarnya juga sebagai konsumen bukan? Kamu tidak dapat memproduksi seluruh produk yang kamu butuhkan dalam hidup ini. 

Apa yang kamu lihat jika menemukan sebuah produk? Tentu saja kemasannya dan informasi yang ada di dalamnya. Jika itu sebuah produk makanan, maka kamu akan melihat komposisi, kandungan gizi, layanan konsumen, dan masih banyak lagi. 

Semakin lengkap informasi yang akan didapatkan oleh konsumen, maka konsumen tersebut akan semakin yakin untuk menggunakan produk tersebut. 

Meningkatkan Daya Tahan Produk

Kemasan juga dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan produk. Berbagai macam produk sangat rentan dengan udara dan cuaca. Apalagi jika terkena panas atau udara lembab, maka akan banyak sekali mikroba yang dapat mengurangi daya tahan produk. 

Maka dari itu, kemasan berguna untuk meningkatkan daya tahan produk dengan menahan udara yang ada di luar masuk ke produk. Hal ini juga yang dilakukan oleh pemilik usaha frozen food. Mereka menggunakan kemasan yang divakum untuk menghilangkan udara di sekitar makanan dan menghalang udara masuk. Makanya frozen food dapat bertahan cukup lama. 

Banyaknya fungsi kemasan, maka kamu tidak dapat mengesampingkannya lagi. Kemasan tidak hanya berguna untuk melindungi produk, namun juga menjaga produk tetap aman, serta menjadi media promosi untuk bisnis makanan. Desainlah kemasan yang menarik sehingga menjadi daya tarik tersendiri di mata konsumen. 

Author: Pitnia Ayu Saputri

You May Also Like

Judi online

Anak 90-an yang identik dengan masa kecil bahagia tentu pernah nonton film mandarin, mulai dari film-film mandarin bergenre horor-komedi hingga film-film mandarin yang pure...

Berita

Kepolisian Musi Rawas Sumatera Selatan membongkar tindak pidana korupsi dana bantuan Covid-19 yang dilakukan oleh kepala Desa Sukowarno, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Musi Rawas. Tindak...

Game

Bermain kartu qiu qiu tentu akan menyenangkan jika bisa memperoleh nilai yang tinggi dan menang. Ada urutan kartu qiu qiu yang tinggi sehingga mudah...

Info

Cara Melakukan Penarikan Saldo PayPal ke GoPay – PayPal adalah alat pembayaran elektronik. Aplikasi ini sudah semakin sering digunakan dalam berbagai transaksi. Kegunaannya sangat...