Connect with us

Hi, what are you looking for?

AAMMAV

pendidikan

Kelebihan dan Kekurangan Belajar dengan Les Privat

Kelebihan dan Kekurangan Belajar dengan Les Privat

Les privat bagi banyak orang menjadi alternatif bijak ketika hendak memperoleh tambahan belajar di luar ruang kelas sekolah. Di berbagai kota besar, pilihan ini menjadi pilihan ketika orang tua di rumah sudah sibuk dan tidak ada waktu untuk menemani anaknya belajar. Misalnya les privat Jakarta yang banyak beredar di ibu kota.

Keberadaan les privat di Jakarta menjadi cukup penting karena membantu mereka untuk memperoleh tambahan belajar di waktu yang singkat. Mereka yang memilih les jenis ini mempertimbangkan berbagai hal, salah satunya adalah kemacetan.

Les privat sendiri sendiri memiliki karakteristik yang berbeda dengan bimbingan belajar kelompok besar. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari sistem belajar ini?

Kelebihan Les Privat

Les privat di Jakarta menjadi hal yang biasa, banyak tentor yang datang ke rumah siswa dan memberikan tambahan pelajaran. Sehingga, siswa tidak perlu lagi dating ke tempat bimbingan belajar. Wah selain itu, apa lagi kelebihan les privat ini?

1. Lebih Fokus

Ketika memutuskan untuk memilih les privat, tentu saja yang menjadi pertimbangan adalah lebih fokus dan meningkatkan konsentrasi. Dengan ikut serta les privat, siswa yang terlibat di dalamnya hanya memiliki jumlah yang terbatas saja. Dalam satu kali pertemuan, jumlah siswa yang ikut dalam satu kelompok privat ini biasanya berjumlah 1 hingga 5 orang siswa dengan 1 guru.

Jumlah ini dinilai lebih efektif karena perhatian guru bisa lebih banyak dicurahkan kepada siswa dengan jumlah sedikit. Guru ini akan memahami kesulitan yang dihadapi anak secara lebih khusus karena konsentrasinya hanya tertuju pada jumlah siswa yang sedikit.

Mereka juga bisa lebih memahami materi karena dengan jumlah yang terbatas ini, membuat suasana belajar lebih kondusif dan tidak gaduh. Biasanya, jumlah siswa dalam kelas yang banyak akan membuat konsentrasi anak menjad terganggu.

Baca juga: Cara dan Jenis Penerjemahan Dari Perusahaan Jasa Penerjemah

2. Lebih Memahami Pelajaran

Les privat Jakarta yang lebih banyak digemari oleh siswa sekolah ini memiliki kelebihan untuk lebih mudah memahami pelajaran. Bagaimana itu bisa terjadi? Tentu saja dengan jumlah siswa yang sedikit akan membuat mereka lebih fokus.

Ketika sudah fokus, maka siswa akan mengerti materi dengan mudah. Selain itu, siswa bisa langsung bertanya ke guru privat tentang berbagai materi karena hanya mereka yang diajar. Berbeda dengan jumlah kelas besar, di mana perhatian biasanya sudah terpecah ke mana-mana.

3. Lebih Menghemat Waktu

Berbagai kegiatan anak pastinya sangat padat, apalagi yang terlibat dalam berbagai kegiatan di sekolah. Maka tak heran jika banyak siswa yang lebih memilih les privat di Jakarta ini untuk menghemat waktu.

Pilihan ini tentu saja tepat karena siswa bisa langsung belajar di rumah tanpa perlu mendatangi bimbingan belajar. Dengan memilih les privat, justru guru yang akan mendatangi rumah siswa untuk mengajar.

Hal ini tentu sangat menguntungkan sekali bukan? Siswa yang memiliki waktu terbatas tetap bisa memperoleh tambahan belajar dengan maksimal walaupun kegiatannya padat. Orang tua pun bisa dengan mudah mengawasi sang anak dan tidak perlu melakukan antar jemput ke bimbingan belajar.

Kekurangan Mengikuti Les Privat

Les privat menjadi salah satu alternatif belajar di berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lainnya. Dengan memilih les privat, biasanya guru akan langsung datang ke rumah atau tempat sesuai kesepatakan. Meski demikian, ada beberapa kekurangan dalam memilih les privat ini. Apa saja?

1. Biaya yang Mahal

Biaya les privat di berbagai kota besar seperti Jakarta tentu saja memiliki harga yang cukup mahal. Di sin, guru privat akan mematok tarif yang lebih tinggi dibandingkan les secara kelompok besar di bimbingan belajar. Alasannya adalah siswa akan mendapat perhatian belajar yang lebih banyak dibandingkan bimbingan belajar.

2. Tidak Dapat Bersosialisasi

Kekurangan lain yang ada dalam sistem les privat ini adalah membuat siswa kurang melakukan sosialisasi dengan teman lainnya. Les privat Jakarta misalnya, guru akan dating langsung ke rumah dan membuat siswa tidak bisa bertemu dengan siswa lainnya yang juga sedang les.

Interaksi yang terjadi hanya melibatkan siswa tersebut dengan sang guru. Berbeda dengan jenis les berkelompok di bimbingan belajar yang memungkinkan mereka untuk saling bertemu di dalam kelas.

3. Guru yang Kurang Berkompeten

Memilih les privat untuk anak tentu terbilang gampang-gampang sulit. Orang tua pasti akan mencari guru yang terbaik untuk anaknya. Berbeda dengan bimbingan belajar, di sana biasanya gurunya telah diuji kompetensinya sehingga bisa dipastikan memiliki mutu yang baik.

Tetapi, bagi guru privat yang bukan bersifat kelembagan biasanya lebih sulit untuk dicari karena belum paham benar dengan karakter sang guru. Maka, perlu hati-hati dan meminta rekomendasi dari kerabat atau teman mengenai guru privat yang terpercaya.

Demikian tadi kelebihan dan kekurangan dalam memilih les privat di Jakarta, maupun kota lain. Semoga membantu untuk mempertimbangkan mengambil kelas privat.

You May Also Like

Judi online

Anak 90-an yang identik dengan masa kecil bahagia tentu pernah nonton film mandarin, mulai dari film-film mandarin bergenre horor-komedi hingga film-film mandarin yang pure...

Berita

Kepolisian Musi Rawas Sumatera Selatan membongkar tindak pidana korupsi dana bantuan Covid-19 yang dilakukan oleh kepala Desa Sukowarno, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Musi Rawas. Tindak...

Game

Bermain kartu qiu qiu tentu akan menyenangkan jika bisa memperoleh nilai yang tinggi dan menang. Ada urutan kartu qiu qiu yang tinggi sehingga mudah...

Info

Cara Melakukan Penarikan Saldo PayPal ke GoPay – PayPal adalah alat pembayaran elektronik. Aplikasi ini sudah semakin sering digunakan dalam berbagai transaksi. Kegunaannya sangat...