Connect with us

Hi, what are you looking for?

AAMMAV

Tips & Trik

Mengenal Manajemen Keuangan, Tujuan, Fungsi dan Cara Untuk Mengelolanya

Mengenal Manajemen Keuangan, Tujuan, Fungsi dan Cara Untuk Mengelolanya
Mengenal Manajemen Keuangan, Tujuan, Fungsi dan Cara Untuk Mengelolanya

Dalam sebuah perusahaan uang menjadi sebuah pondasi yang kuat untuk ketahanan perusahaan. Namun uang ini memiliki sifat yang riskan dan sangat rentan terhadap kelangsungan perusahaan. Meningat kalau pihak perusahaan tidak mampu mengelola keuangan dengan bijak maka bisa membuat sesak nafas. Kalau tidak segera menemukan solusi yang tepat bisa jadi perusahaan tersebut tutup lebih awal.

Dalam kerangka perusahaan harus ada bidang yang khusus untuk mengatur dan mengelola keuangan. Bidang tersebut adalah manajemen keuangan. Tentunya dengan adanya manajemen keuangan bisa membantu perusahaan untuk melakukan perencanaan dengan baik, pengelolaan, penyimpanan, dan mengendalijkan dana serta aset milik perusahaan.  

Ketika mengelola keuangan perusahaan maka dibutuhkan jurnal manajemen yang matang. Hal ini bertujuan agar tidak ada masalah besar yang menimpa perusahaan. Kalaupun ada masalah keuangan, dengan adanya manajemen keuangan yang bagus bisa segera meminimalisir kerugian yang dirasakan oleh perusahaan.

Tujuan Manajemen Keuangan Pada Suatu Perusahaan

Manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan itu harus memiliki tujuan yang tepat. Hal ini bertujuan agar keuangan perusahaan tetap sehat dan tidak mengalami penurunan. Itu itu silahkan simak beberapa tujuan adanya manajemen keuangan pada suatu perusahaan.

  • Untuk menjaga arus kas perusahaan

Agar sebuah perusahaan tidak mengalami beban biaya pengeluaran yang membengkak maka dibutuhkan pemantauan. Kalau keluar masuk uang perusahaan tidak dipantau bisa menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi sebuah perusahaan. Sehingga harus menggunakan uang kas untuk menggaji karyawan, membeli bahan baku utama, dan berbagai pengeluaran lainnya.

  • Untuk memaksimalkan keuangan perusahaan

Manajemen keuangan itu tidak hanya bertugas untuk mengawasi keluar masuknya uang perusahaan. Selain itu manajemen keuangan juga dibutuhkan untuk melihat berbagai aktivitas perusahaan yang menggunakan anggaran dana yang itu tidak ada untungnya. Sehingga dengan begitu pihak perusahaan bisa menggantinya dengan aktivitas lainnya sehingga perusahaan pun bisa mendatangkan keuntungan.

  • Memaksimalkan keuntungan perusahaan

Jurnal manajemen keuangan yang tepat bisa membuat keuntungan yang diperoleh perusahaan bisa lebih maksimal. Sehingga dengan adanya manajemen keuangan ini bisa memaksimalkan semua keuntungan dalam jangka panjang.

  • Menyiapkan modal

Pihak manajer keuangan harus memiliki rencana yang tepat untuk struktur modal sehingga bisa menyeimbangkan anggaran yang dimiliki oleh perusahaan. Keseimbangan ini dibutuhkan agar tidak terjadi minus dengan dana yang dipinjamkan untuk perusahaan.  

  • Untuk memaksimalkan kekayaan miliki perusahaan

Sebagai manajer keuangan  harus mampu memahami pasar saham. Ketika mau memberikan laba kepada para pemegang saham tentu bisa meningkatkan pihak perusahaan. Selain itu tingkat kepercayaan pemegang saham juga semakin meningkat dan mereka bakalan terus melakukan investasi pada perusahaan anda. Selain itu dengan mengarahkan dana pada semua aspek dengan tepat, maka bisa membuat efisiensi dan miliki perusahaan bisa terus mengalami peningkatan.

  • Mengurangi resiko dalam tahap operasional

Ketika seorang manajer mampu membuat jurnal manajemen keuangan dengan tepat maka bisa mengurangi adanya resiko bisnis. Mengingat perkembangan bisnis ini kedepannya tidak ada yang tahu, yang pasti adalah terus melakukan inovasi dan meningkatkan kreativitas agar bisnis perusahaan anda tetap lancar.

  • Hidup mati sebuah perusahaan

Dengan adanya manajemen keuangan sangat penting sekali dalam membuat perusahaan anda bisa bertahan dengan semakin ketatnya persaingan. Namun kalau keputusan manajer ini tidak hati-hati bisa menyebabkan perusahaan anda harus gulung tikar. Selain itu manajemen juga harus tepat dalam merencanakan modal. Sehingga modal yang dikeluarkan tidak terlalu membengkak.

Fungsi Manajemen Keuangan Untuk Kelangsungan Perusahaan

Setelah anda mengetahui apa saja tujuan dari manajaman keuangan, maka selanjutnya anda juga harus tahu apa saja fungsinya. Jangan sampai sebagai manajer perusahaan namun tidak berfungsi apa-apa. Untuk itu berikut ini penjelasannya :

  1. Perencanaan

Sebuah perusahaan harus memiliki rencana keuangan yang jelas itu sangatlah penting. Perencanaan keuangan dalam sebuah perusahaan in seperti menghitung laba, mengatur kondisi uangkas, dan rencana untuk mengatur arus keluar masuk dana kas.

  1. Budget

Pendanaan yang dilakukan untuk mengalokasikan dana untuk segala kebutuhan perusahaan. Kunci dalam alokasikan dana perusahaan ini dengan meminimalkan dana dan memaksimalkan anggaran yang sudah ada.

  1. Pengontrolan

Pada tahap disini manajemen keuangan harus melakukan pengontrolan atau evaluasi terhadapa semua uang yang masih berjalan. Hal ini bertujuan untuk evaluasi sistem keuangan agar perusahaan tetap bisa bertahan.

  1. Pemeriksaan keuangan

Pada tahap ini memang sangat penting sekali pihak manajemen keuangan harus selalu melakukan pemeriksaan terhadap kondisi keuangan perusahaan. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya penyelewengan dana perusahaan.

  1. Laporan keuangan

Jurnal manajemen keuangan harus dilaporkan secara terbuka dan bersifat transparan untuk perusahaan. Laporan keuangan ini harus dibuat untuk mengetahui data keuangan miliki perusahaan sekarang.

Tips mengelola keuangan perusahaan dengan tepat

Setelah anda mengetahui tujuan dan fungsi dari manajer keuangan, maka pada tahap selanjutnya anda juga harus paham bagaimana cara mengelola keuangan milik perusahaan dengan tepat. Penasaran? Berikut ini penjelasannya :

  1. Tidak mencampur dana pribadi dengan perusahaan

Sampai detik ini masih banyak bisnis yang masih suka mencampurkan uang pribadi dengan uang perusahaan. Sebenarnya uang pribadi itu tidak boleh tercampur dengan uang perusahan. Maka dari itu dibutuhkan manajemen keuangan yang tepat dalam sebuah perusahaan. Hal ini bertujuan agar tidak sampai terjadinya penyelewengan dana perusahaan.

  1. Membuat laporan keuangan

Jurnal manajemen keuangan perlu dibuat agar anda tahu berapa saja uang yang berjalan baik keluar atau masuk. Selain itu laporan keuangan ini juga digunakan untuk mengetahui kerugian usaha dan utang yang sedang berjalan.

  1. Mengatur pengeluraran untuk menggaji diri sendiri

Sebagai pemilik perusahaan anda juga butuh digaji, tentu gaji yang anda terima ini sesuai dengan kebutuhan. Bahkan ketika anda butuh uang dan mengharuskan pinjam ke perusahaan maka anda memiliki kewajiban untuk melunasinya. Sehingga dengan begitu kondisi keuangan perusahaan tetap sehat dan terjaga dengan baik.

  1. Hindari uang menginap di karyawan perusahaan

Langkah selanjutnya pastikan jangan ada tenaga kerja di perusahaan anda yang membawa uang perusahaan. Kalau sampai menginap, besar kemungkinan uang tersebut akan digunakan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pribadi. Hal ini snagat tidak baik untuk kesehatan keuangan perusahaan.

  1. Memisahkan akunting dan kasir

Setiap kasir harus membuat laporan keuangan sendiri dan uang kasir akan selalu dilaporkan setiap hari. Hal ini dilakukan demi adanya manipulais data. Kalau sampai terjadi manipulasi data ini membuat kondisi perusahaan tidak baik. Sehingga anda pun harus memnatau itu semua agar bisa berjalan sewajarnya.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu manajemen keuangan, tujuan, dan fungsinya dalam sebuah perusahaan. Namun itu semua belum cukup harus tahu cara mengelola keuangan perusahaan dengan tepat. Tentu dengan adanya jurnal manajemen keuangan maka keuangan perusahaan tetap bagus dan bisa bertahan ditengah ketatnya persiangan bisnis. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

You May Also Like

Judi online

Anak 90-an yang identik dengan masa kecil bahagia tentu pernah nonton film mandarin, mulai dari film-film mandarin bergenre horor-komedi hingga film-film mandarin yang pure...

Berita

Kepolisian Musi Rawas Sumatera Selatan membongkar tindak pidana korupsi dana bantuan Covid-19 yang dilakukan oleh kepala Desa Sukowarno, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Musi Rawas. Tindak...

Game

Bermain kartu qiu qiu tentu akan menyenangkan jika bisa memperoleh nilai yang tinggi dan menang. Ada urutan kartu qiu qiu yang tinggi sehingga mudah...

Info

Cara Melakukan Penarikan Saldo PayPal ke GoPay – PayPal adalah alat pembayaran elektronik. Aplikasi ini sudah semakin sering digunakan dalam berbagai transaksi. Kegunaannya sangat...