Connect with us

Hi, what are you looking for?

AAMMAV

Bisnis

Cara Mudah Menghitung Borongan Pasang Pagar Panel

Cara Mudah Menghitung Borongan Pasang Pagar Panel

Anda ingin menggarap proyek pemasangan pagar panel beton? Jika iya, menentukan hitungan borongan terlebih dahulu sangat penting. Hal ini untuk menaksir berapa biaya yang akan dikeluarkan selama proyek.

Pemborong tentu harus tahu berapa modal yang harus disiapkan saat memasang pagar. Atau juga untuk yang ingin memasang pagar terpasang. Anda bisa langsung menanyakan ke jasa sehingga tidak perlu menghitung sendiri.

Cara menghitung borongan pasang pagar panel ini tidak terlalu sulit. Pasalnya bisa disebut sangat mudah dan tidak ribet. Kadang bagi yang masih pemula ada hitungan yang salah.

Ada yang selip karena item yang dihitung tidak dihitung secara mendetail. Perhitungan ini sangat penting, khususnya untuk mereka yang ingin memborong pekerjaan pagar beton. Tujuannya sudah pasti agar nanti tidak ada biaya yang terlewatkan. 

Teknik menghitung borongan pasang pagar tidak terlalu rumit. dan bisa dibilang sangat sederhana. Prosesnya juga singkat.

Hal pertama yang harus diketahui di sini adalah tahu panjang area yang akan dipagar menggunakan panel. Berapa tinggi pagar yang diinginkan dan kalikan dengan harga pagar panel.

Contoh Hitung Borongan Pagar Panel Terbaru

Cara Mudah Menghitung Borongan Pasang Pagar Panel

Nah, agar hitungannya mudah dipahami, di artikel ini kita akan membahas mengenai contoh menghitung borongan pagar. Misal, Anda ingin memborong pemasangan pagar dengan lahan seluas 20 meter x 20 meter. Dari sini, Anda harus menentukan total panjangnya terlebih dahulu.

Anda cukup menjumlahkan seluruh sisi yang ada saja. Hitungannya sebagai berikut: p + l x 2 = 20 + 20 X 2 = 80 m2. Atau juga bisa dengan hitungan 20 meter + 20 meter + 20 meter + 20 meter menjadi 80 meter. 

Dari sini, kita sudah tahu berapa jumlah panjang atau keliling yang ingin dipagari dari lahan tersebut, yakni 80 meter. Selanjutnya Anda bisa mengalikan dengan tinggi pagar yang diperlukan. Misalnya, pagar yang diinginkan memiliki tinggi 2 meter, maka cara hitungan borongannya menjadi 

80 x 2 = 160 m2. Dari sini, Anda bisa mengkalikannya dengan harga pagar panel yang ada di pasaran. Misal saja harga pagar yang sudah terpasang di daerah Anda adalah Rp 175 ribu per meter persegi. Anda tinggal mengalikannya saja.

Jadi hitungan biaya borongan yang dikeluarkan menjadi 160 m2 x 175 ribu menjadi 28 juta. Artinya, biaya atau total biaya pemasangan pagar yang dibutuhkan dengan lahan seluas 20 x 20 dan tinggi pagar 2 meter ini adalah Rp 28 juta. 

Sedangkan untuk menghitung biaya per satu meter adalah harga dikalikan dengan tinggi. Maka menjadi Rp 175 ribu dikali 2 meter, Rp 350 ribu per meter persegi. Jadi biaya yang dibutuhkan jika dhitung setiap meter arinya adalah Rp 350 ribu.

Berapa Pagar Panel Dan Tiang Yang Dibutuhkan Dan Berapa Biaya Yang Harus Dikeluarkan?

Dari contoh ini, Anda juga bisa tahu berapa panel yang dibutuhkan saat borongan dilakukan. Karena di pasaran umumnya lebar panel adalah 40 cm dan panjang 240 cm atau 2,4 meter, maka tinggi 2m membutuhkan 5 susun panel. 

Untuk menentukan jumlah panel yang dibutuhkan bisa dengan hitungan 80 meter : 2,4 x 5 = 160 panel. Untuk harga material panel umumnya adalah Rp 120 ribu. Harga ini belum termasuk pemasangan panel yang diinginkan tadi. Berapa jumlah tiang yang dibutuhkan?

Untuk jumlah tiang yang dibutuhkan, Anda hanya perlu membaginya saja. Hitungannya, 80 meter : 2,4 meter  = 34 tiang. Harga satu tiang di pasaran rata-rata adalah Rp 145 ribu hingga Rp 290 ribu. Ini sesuai dengan tiang yang Anda butuhkan.

Upah Borongan Tukang Pasang

Hitungan yang sudah kami berikan tadi belum termasuk upah borongan untuk tukang pasang pagar. Biasanya untuk upah tukang pasang dihitung per biji setiap pasangnya. Misalnya untuk upah tukang pasang dan panggul adalah Rp 25 ribu per buah. Besaran upah ini ditentukan setiap daerah. 

Pasalnya setiap daerah memiliki besar upah yang berbeda-beda. Bagi yang ingin membuat RAB proyek borongan pagar panel beton, Anda tidak perlu repot lagi. Karena tinggal konsultasi dengan pemilik pabrik panel yang sudah ada di kota atau daerah Anda saja.

Baca juga: 8 Fungsi Kemasan Menarik dalam Sebuah Bisnis

Sedangkan bagi Anda yang mau memasang pagar di lahan pribadi juga tidak perlu repot-repot lagi. Karena tidak perlu hitung rincian harga atau biaya yang akan dikeluarkan ketika borongan. Biasanya pihak pabrik juga sudah memberi harga paket pemasangan pagar terpasang. Jadi Anda tinggal terima beres saja.

Perlu Anda tahu jika pagar ini terbagi menjadi dua tipe. Pastikan jangan terkecoh karena harga kedua jenis ini juga sangat berbeda. Anda bisa menentukan jenis pagar yang diinginkan saja. bagi yang belum tahu bisa berkonsultasi dengan pabrik terlebih dahulu. 

Tipe Pagar Panel Yang Ada Di Pasaran

Seperti yang sudah disebutkan di awal, ada dua jenis pagar untuk panel di pasaran. Dua tipe tadi adalah tipe tumpul atau renggang dan knock down atau tak bercelah. Untuk pembahasannya sebagai berikut:

  1. Tipe tumpul

Sesuai namanya, jenis pagar ini di bagian tiap sisi pasti ada celah atau renggang. Sehingga ketika sudah terpasang, Anda biasanya akan risih. Pasalnya ada tempelan untuk menghilangkan celah yang dimaksud. Hal ini tentu merepotkan pekerja dan merusak estetika dari pagar itu sendiri.

  1. Tipe knock down

Pagar knock down merupakan tipe yang di sisinya cembung atau cekung sehingga ketika dipasang pagar saling mengikat dan tidak ada celah/ Berbeda dengan sebelumnya, Anda juga tidak menemui tempelan yang merusak estetika. 

Kisaran Harga Pagar Terbaru Di Tahun 2020

Untuk menghitung borongan pagar agar semakin detail dan akurat, sudah pasti Anda harus tahu harga pagar terbaru di tahun 2020. Bagi yang membutuhkan referensi, berikut kisaran harganya:

  1. Mutu K 225 Tinggi 160 ( 4 susun) harganya Rp 420 ribu
  2. M K 225 tinggi 200 (5 susun) harganya Rp 490 ribu
  3. Mutu K 225 tinggi 240 (6 susun) harganya Rp 575 ribu
  4. M K 225 tinggi 280 (7 susun) harganya Rp 660 ribu
  5. Mutu K 225 tinggi 320 (8 susun) harganya Rp 795 ribu
  6. M K 300 tinggi 160 (4 susun) harganya Rp 495 ribu
  7. Mutu K 300 tinggi 200 (5 susun) harganya RP 565 ribu
  8. M K 300 tinggi 240 (6 susun) harganya Rp 650 ribu
  9. Mutu K 300 tinggi 280 (7 susun) harganya Rp 735 ribu
  10. Mutu K 300 tinggi 320 (8 susun) harganya Rp 870 ribu

Harga pagar panel ini adalah sudah terpasang. Jadi Anda tinggal terima beres saja. Memang agak mahal dibanding yang lembaran, tapi proses pengerjaannya lebih cepat dan tentu tidak memakan banyak waktu.

You May Also Like

Judi online

Anak 90-an yang identik dengan masa kecil bahagia tentu pernah nonton film mandarin, mulai dari film-film mandarin bergenre horor-komedi hingga film-film mandarin yang pure...

Info

Cara Melakukan Penarikan Saldo PayPal ke GoPay – PayPal adalah alat pembayaran elektronik. Aplikasi ini sudah semakin sering digunakan dalam berbagai transaksi. Kegunaannya sangat...

Games

Mencari game android yang mudah dimainkan? Coba deh download game slot offline terbaik dari Triwin Games, Cash Blitz. Seperti yang disebutkan sebelumnya, game Cash...

Games

Bermain kartu qiu qiu tentu akan menyenangkan jika bisa memperoleh nilai yang tinggi dan menang. Ada urutan kartu qiu qiu yang tinggi sehingga mudah...