Connect with us

Hi, what are you looking for?

AAMMAV

Random

Penyebab WC Mampet dan Cara Mengatasinya

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang penyebab WC mampet dan cara efektif mengatasinya. Fenomena WC mampet bukanlah satu hal aneh, hal itu bisa terjadi kapanpun dan dimanapun, asalkan ada penyebabnya.

Informasi ini, semoga bisa anda jadikan tambahan pengetahuan agar anda bisa menjaga WC anda biar tetap lancar alirannya dan tidak tersumbat oleh apapun. Pada bagian awal, kami akan membahas tentang penyebab WC mampet.

Penyebab WC Mampet

Nah, apa saja sih penyebab WC mampet yang perlu anda ketahui? Inilah penjelasan detailnya.

  • Kemasukan Sampah

Sebab pertama adalah kemasukan sampah asing. Memang, Wc adalah tempat pembuangan tinja yang merupakan sampah manusia. Namun, maksud sampah asing di sini adalah sampah yang tidak seharusnya masuk ke dalam WC.

Misalnya plastik, kain, pembalut, ataupun benda-benda lainnya yang seharusnya tidak masuk ke dalam WC. Benda-benda padat yang tidak hancur sebab air adalah satu faktor paling dominan yang menyebabkan WC anda mampet.

Maka dari itu, jika anda ingin WC anda sehat-sehat saja, jangan pernah memasukkan sampah asing apapun ke dalam WC anda. Usahakan hanya tinja saja dan air yang masuk ke dalam WC agar aliran WC anda tetap sehat dan memberikan kenyamanan bagi anda.

  • Kemasukan Mainan Anak

Sebab kedua yang kerap kali terjadi adalah kemasukan mainan. Mainan anak-anak lumrahnya terbuat dari bahan plastik yang sama sekali tidak hancur maupun larut dalam air. Sehingga anda perlu memperhatikan hal ini.

Anak yang tidak mengerti, bukan mustahil bisa memasukkan mainan ke dalam WC. Mainan ini bisa saja akan menghambat saluran dan akhirnya membuat macet sebuah WC. Yang perlu anda ketahui adalah, perhatikan anak anak ketika bermain.

Jangan sampai anak-anak anda secara tidak sengaja memasukkan sesuatu hal yang menyebabkan WC mampet.

  • Septic Tank Penuh

Sebab selanjutnya adalah septic tank yang penuh. Tempat pembuangan tinja jika penuh tentu akan menyebabkan saluran tidak bisa bergerak. Akhirnya WC tidak bisa dipakai dan perlu disedot agar aliran tetap lancar.

Satu hal yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasi hal ini adalah menyedot septic tank secara berkala. Sehingga kotoran-kotoran itu tidak memenuhi septic tank dan menghambat aliran air dan tinja.

Menyedot septic tank secara berkala adalah satu tindakan preventif WC mampet dan satu cara paling efektif untuk merawat saluran pembuangan anda. Maka dari itu, hal ini perlulah anda perhatikan demi kenyamanan anda sendiri.

  • Faktor Usia

Seringkali, usia sangatlah menentukan. Saluran yang sudah terlalu tua bisa saja mengalami kerusakan dan akhirnya membuat saluran itu tidak bisa berjalan dengan normal. Maka dari itu, perlu untuk disedot dan dibuang kotoran itu.

Sudah bukan rahasia, jika semakin tua sebuah aliran pembuangan, maka semakin besar pula potensi rusak dan mampetnya. Untuk mengatasi hal ini, anda perlu untuk merawat atau mengganti saluran pembuangan itu agar tidak mampet.

  • Pipa yang Rusak

Sebab terakhir adalah saluran pembuangan yang rusak. Entah gara-gara pergeseran tanah, pecah, maupun tertekuk. Pipa yang rusak bisa membuat aliran air dan tinja akan terhambat, sehingga membuat WC tidak bisa bekerja dengan baik.

Satu solusi yang jelas dari permasalahan ini adalah mengganti pipa itu dengan yang baru sehingga aliran air kembali terjaga. Namun, perihal masalah ini tidak terlalu sering terjadi.

Cara Mengatasi WC Mampet

Pada dasarnya, mengatasi WC mampet bisa dengan cara memanggil jasa sedot WC Jakarta Pusat. Namun sebelum memanggil jasa sedot WC, ada beberapa hal yang mungkin bisa anda lakukan untuk mengatasi WC yang mampet.

  • Sabun Cuci + Air Panas

Cara mengatasi WC mampet yang pertama bisa anda lakukan adalah memasukkan sabun cuci dan air panas ke dalam WC. Gabungan dua zat ini memiliki kekuatan untuk melarutkan sumbatan yang ada di dalam saluran WC.

Namun, jika saluran itu terlalu kuat, maka akan sulit untuk dilarutkan. Ketika hal itu terjadi, anda memang benar-benar memerlukan jasa sedot WC secepatnya.

  • Soda Api

Dalam ilmu kimia, soda api memiliki banyak fungsi. Dalam hal WC yang mampet, anda bisa memakainya untuk menyelesaikan permasalahan. Anda bisa memasukkan soda api dengan air panas.

Reaksi yang terjadi akan menciptakan zat yang bisa melarutkan kotoran yang menyumbat saluran WC.

  • Pembersih Saluran Kimiawi

Jika memakai dua cara sebelumnya gagal, anda bisa membeli pembersih saluran kimiawi. Cara kerjanya juga sama, melarutkan sampah yang mengganjal dalam saluran WC, sehingga aliran itu kembali bekerja dengan baik.

Tentu beberapa cara di atas memerlukan waktu untuk benar-benar bisa bekerja. Karena cara-cara ini dilakukan secara reaksi, bukan penyelesaian secara manual.

***

Mungkin itu saja penjelasan mengenai penyebab WC mampet dan cara mengatasinya. Jika ingin WC anda baik-baik saja, tentu anda perlu memperhatikan beberapa hal yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat… 

You May Also Like

Judi online

Anak 90-an yang identik dengan masa kecil bahagia tentu pernah nonton film mandarin, mulai dari film-film mandarin bergenre horor-komedi hingga film-film mandarin yang pure...

Info

Cara Melakukan Penarikan Saldo PayPal ke GoPay – PayPal adalah alat pembayaran elektronik. Aplikasi ini sudah semakin sering digunakan dalam berbagai transaksi. Kegunaannya sangat...

Games

Mencari game android yang mudah dimainkan? Coba deh download game slot offline terbaik dari Triwin Games, Cash Blitz. Seperti yang disebutkan sebelumnya, game Cash...

Games

Bermain kartu qiu qiu tentu akan menyenangkan jika bisa memperoleh nilai yang tinggi dan menang. Ada urutan kartu qiu qiu yang tinggi sehingga mudah...